• UGM
  • SV UGM
  • DTEDI SV UGM
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektro
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Profil
    • Tentang Prodi
    • Akreditasi
    • Visi Misi
    • Pengelola
    • Dosen
    • Fasilitas
    • Kerja Sama
    • Media Sosial
  • Akademik
    • Kalender
    • Kurikulum
    • Praktikum
    • Kuliah Tamu/Umum
    • Praktik Industri (PI)
    • Magang Industri/MBKM
    • Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Proyek Akhir (PA)
    • Panduan
      • Akademik
      • SOP Praktikum
      • Dokumen LaTeX
      • Pengisian KRS
      • Tata Tertib Ujian
      • Tata Tertib Mahasiswa UGM
  • Kemahasiswaan
    • Kegiatan Mahasiswa
      • HMTE
      • Micro Club
    • Prestasi Mahasiswa
      • Rekap Prestasi
    • Peluang Mahasiswa
      • Beasiswa
      • Student Exchange
      • Seminar & Lomba
      • Tawaran PI/Magang
      • Tawaran PA
      • Tawaran Kerja
      • Tawaran Asisten
    • Informasi Akademik
  • Informasi
    • Pendaftaran
    • Portal Penting
    • Jurnal
      • Juliet
      • Jise
    • Alumni
      • Berita Wisuda
      • Berita Alumni
      • Temu Alumni
      • Tracer Study
    • Keketatan Prodi
    • Penyebaran Magang
  • Beranda
  • Penelitian
  • Optimisasi Pengisian Daya EV dengan Vehicle-to-Grid (V2G): Studi Simulasi

Optimisasi Pengisian Daya EV dengan Vehicle-to-Grid (V2G): Studi Simulasi

  • Penelitian
  • 25 November 2024, 23.26
  • Oleh: tre.sv
  • 0

Dalam penelitiannya bapak Candra Febri Nugraha, S.T., M.Eng.,  membandingkan dua skenario pengisian daya kendaraan listrik (EV), yaitu Simultaneous Charging dan Coordinated Vehicle-to-Grid (V2G) Charging. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak masing-masing skenario terhadap kurva beban sistem kelistrikan dan keamanan operasi jaringan.

Pada skenario Simultaneous Charging, yang ditunjukkan oleh garis berwarna oranye, semua EV langsung mengisi daya hingga penuh sesaat setelah tiba. Hal ini menyebabkan lonjakan beban signifikan, terutama pada malam hari saat sebagian besar pemilik EV tiba di rumah. Puncak beban sistem tercatat mencapai 3.995,6 kW pada pukul 20:00, mendekati batas maksimum aliran daya sebesar 4.000 kW yang digambarkan oleh garis merah. Lonjakan beban ini menunjukkan bahwa pengisian daya simultan dapat membebani jaringan dan mengurangi keandalan sistem.

Sebaliknya, skenario V2G, yang digambarkan oleh garis kuning, menggunakan algoritma optimisasi untuk menjadwalkan pengisian daya EV secara strategis dengan pertimbangan faktor teknis dan ekonomi. Algoritma bekerja dengan menunda pengisian daya hingga periode harga listrik lebih murah, yaitu antara pukul 22:00 hingga 05:00, Hasilnya, puncak beban sistem tetap stabil tanpa peningkatan dibandingkan kondisi awal tanpa EV yang ditunjukkan oleh garis biru.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknologi V2G tidak hanya mampu menekan biaya pengisian daya bagi pemilik EV, tetapi juga mengurangi beban jaringan pada beban puncak. Dengan demikian, pengisian daya EV secara terkoordinasi dapat menjadi solusi untuk mendukung transisi energi serta menjaga keamanan operasi sistem kelistrikan.

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Recent Posts

  • Kegiatan Benchmarking Kurikulum dan Pembelajaran Prodi TRE di Tatung University, Taiwan
  • Lowongan New Armada Tahun 2025
  • Tawaran Kerja INS Engineering – Electrical Engineer (Remote)
  • Tawaran Belajar System Analysis Program Development (SAP)
  • Informasi Magang Berdampak dari Asah led by Dicoding Tahun 2025
Universitas Gadjah Mada

Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektro

 

Kampus 1

Gedung Herman Yohanes
Jl. Yacaranda, Sekip Unit III, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kampus 2

Jl. Grafika No. 2A, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

E-mail:  tre.sv@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju