Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan diluncurkan sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan.
Tipe Magang Industri/MBKM:
P E N G U M U M A N
Berikut ini proses administrasi pelaksanaan Magang Industri sampai dengan pra KRS untuk mhs TRE22 tahun ajaran Gasal 2025/2026:
1. Plotting Dosen Pembimbing Magang dapat diakses pada tautan berikut: klik di sini
2. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Magang terkait dengan proses Magang maupun Rekognisi Mata Kuliah (MK). Form rekognisi MK dapat diakses melalui tautan berikut: (pastikan form ditandatangani Dosen Pembimbing Magang sebelum pengajuan ttd ke Kaprodi)
3. Bagi yang melaksanakan Magang dengan kondisi lokasi Magang belum terdaftar di database Simaster, maka wajib melampirkan pelaksanaan kerja sama (PKS) dengan perusahaan tersebut terkait Magang, PKS dapat diproses saat Magang berlangsung dan diproses bersama dengan dipandu oleh Dosen Pembimbing Magang nya. Template PKS dapat diakses pada tautan berikut: (klik di sini). Selanjutnya untuk memahami alur atau panduan proses PKS dengan SV UGM klik di sini
4. Unggah Permohonan Persetujuan Kaprodi TRE untuk Rekognisi Matakuliah (MK) yang sudah ditanda tangani oleh Dosen Pembimbing Magang, dapat diupload melalui tautan berikut: klik disini
5. Hasil Persetujuan Rekognisi Matakuliah (MK) dapat diunduh melalui tautan berikut: klik di sini
contoh Rekognisi Matakuliah (MK) yang telah disetujui Dosen Pembimbing Magang dan Kaprodi: klik di sini
6. Melakukan pengisian pra KRS dan mohon perhatikan hal berikut ini: (Batas akhir pra KRS 19 Oktober 2025)
* Lampiran berupa bukti penerimaan Magang oleh mitra/perusahaan (email/surat/capture WA) dibuat dalam format pdf, contoh klik di sini
* Surat Izin Dosen Pembimbing berupa Form Rekognisi MK hasil diskusi dengan Dosen Pembimbing Magang yang sudah ditandatangani dan disetujui oleh Kaprodi, contoh klik di sini
Pelaporan setelah selesai Magang
Untuk proses sampai penilaian di Simaster, maka mahasiswa Magang wajib menyerahkan dokumen dan melaksanakan Seminar Magang:
- Laporan Akhir (Full+Lampiran) yang disudah disetujui Mitra Perusahaan dan Dosen Pembimbing Magang (pdf);
- Logbook harian yang ditanda tangani Mitra Perusahaan (pdf);
- Penilaian Hasil Kegiatan Magang dari Mitra Perusahaan (pdf); (bila Mitra Perusahaan belum memiliki template penilaian maka dapat menggunakan berikut ini; (klik di sini)
- Penilaian dari Dosen Pembimbing Magang saat Seminar (pdf); (klik di sini)
- Surat Keterangan Selesai Magang dari Mitra Perusahaan (pdf);
- Membuat pemberitaan kegiatan Magang (Word) dengan dilengkapi dokumentasi gambar kegiatannya, jika kegiatan Magang dilakukan secara berkelompok maka berita Magang dapat memuat pemberitaan untuk beberapa mahasiswa yang mengikuti Magang tersebut, contoh narasi berita bisa lihat di sini.
- Surat keterangan apresiasi atas inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa, contoh klik di sini, dapat melampirkan ini berpeluang untuk memperoleh nilai optimal pada kegiatan Magang nya [20 SKS –> A] (pdf); (template surat keterangan klik di sini)
Catatan penting:
Bila diketahui mahasiswa/i melakukan kecurangan dalam proses input nilai dan pemalsuan tanda tangan maka akan digugurkan seluruh kegiatan Magang nya.
Link Gform usulan Proposal Magang pada link berikut.
Link Gform Persetujuan Kaprodi TRE untuk Recognisi Matakuliah Magang pada link berikut.
update: 29 Agustus 2025